Pascobra Goes Internasional

Alhamdulillah Goes to Singapore Malaysia

Sungguh kebahagiaan yang tidak pernah terbayangkan oleh saya bisa lolos dalam Grand Final Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka 2019 dan berkesempatan melakukan Study Banding ke Singapore dan Malaysia.
Hari masih pagi dan sang fajar pun belum juga menampakkan dirinya kami sudah bersiap menuju bandara Juanda. Dengan Menggelinding sebuah koper hitam besar saya menuju Bus yang telah disediakan oleh kakak panitia dan berangkatlah kami ke bandara. Ini adalah hal yang pertama bagi saya naik pesawat terbang, tentu perasaan senang dan gemetar beradu menjadi satu. Kami melakukan serangkaian proses pemeriksaan oleh pihak bandara dan akhirnya pada pukul 06.05 kami pun terbang menuju Kuala Lumpur Malaysia. Kami tiba pada pukul 09.45 waktu malaysia, sekitar 1 jam lebih cepat dari Indonesia. Setibanya kami dibandara Malaysia kami langsung dibawa oleh tour guide yang kami sebut “King” menuju rumah makan yang ada di Malaysia untuk melaksanakan makan siang. Setelah itu kami berangkat mengujungi NATIONAL SCOUT ORGANIZATION OF MALAYSIA atau yang biasa disebut Persekutuan Pengakap Malaysia. Disana kami mendapatkan banyak ilmu mengenai kegiatan pengakap yang ada di Malaysia, dan kami pun juga diberi cinderamata oleh pihak pengakap malaysia sebagai kenang-kenangan. Selanjutnya kami dibawa ke Toko Coklat yang terkenal di Kuala Lumpur dan kami berkesempatan untuk mencicipi macam-macam coklat yang ada disana. Setelah keluar dari toko coklat kami langsung beranjak kembali ke bus dan bersiap menuju PETRONAS TWIN TOWER untuk melakukan foto bersama, sekitar 1 jam kami berada di petronas twin tower dan kami dibawa menuju ke Central Market, pusat oleh-oleh khas malaysia yang sangat terkenal di kuala lumpur. Disana kami berbelanja banyak sekali oleh-oleh untuk dibawa pulang ke Indonesia. Hari sudah semakin malam dan kami menuju hotel untuk Makan malam dan Check In Hotel.
Hari kedua masih pada negara yang sama yaitu Malaysia, kami bersiap untuk sarapan pagi dan Check Out Hotel. Kami melakukan perjalanan menuju MALACCA  kira-kira 2 jam. Disana kami mengunjungi bangunan tua bersejarah yang ada di Malacca dan bangunan yang lain seperti Christ Church yaitu sebuat gereja tertua yang berada di Malacca. Kami mengunjungi Masjid Selat Melaka yaitu selat tepanjang dan tersibuk didunia untuk melaksanakan sholat dan perjalanan dilanjutkan menuju JOHOR BAHRU dengan waktu tempuh sekitar 3 jam. Sekitar 1 jam perjalanan ada suatu kejadian yang sangat memberi pelajaran bagi kami, yaitu barang bawaan salah satu peserta tidak ada, sontak satu bus ikut kebingungan mencarinya. Barang bawaannya meliputi passpor, dompet, dan Handphone kemungkinan barang tersebut tertinggal di Masjid selat Melaka. Mau tidak mau kami harus kembali lagi dengan waktu tempuh yang sama sekitar 1 jam dan akhirnya memang benar bahwa barang tersebut ada di Masjid selat Melaka dan diamankan oleh Warga Negara Indonesia yang juga sedang ada disana. Akibat dari peristiwa itu perjalanan menjadi terganggu, ada salah satu tempat yang ada di Johor bahru yang belum sempat kami kunjungi dan Kami langsung dibawa meuju Hotel untuk check In.
Pada hari ketiga setelah sarapan pagi kami langsung Check Out hotel dan melakukan perjalanan menuju SINGAPORE, sekitar 30 Menit perjalanan dari hotel menuju Link 2 untuk keluar dari Imigrasi Malaysia dan tibalah kami di wilayah Imigrasi Singapore, dengan segenap rangkaian pemeriksaan oleh pihak imigrasi Koper bawaan saya terdeteksi membaw banyak logam dan harus dibuka saat itu juga. Sungguh kejadian yang sangat menegangkan menurut saya, karena itu pertama kalinya barang bawaan saya diperiksa oleh pihak imigrasi sampai dibuka. Setelah diperiksa ternyata ada Gantungan kunci yang saya beli dari Central Market di Malaysia, dan saya pun dibiarkan pergi setelah pemeriksaan selesai. Kami pun naik bus kembali untuk melanjutkan perjalanan mengelilingi singapore, dan tentunya bus yang kami tumpangi di Singapore pun berbeda dengan bus yang kami tumpangi di Malaysia, dan Tour Guide kami pun juga sudah beda lagi. Nama tour guide kami adalah Mr. Safari beliau sangat lucu, saking lucunya apapun beliau jadikan bahan candaan dan itu semua terkadang terasa garing jadi sontak membuat seisi bus tertawa. Kembali ke Perjalanan, kami diajak untuk melewati CHINESE GARDEN, dan setelah itu kami makan siang. Kebetulan hari itu hari Jum’at, para kaum adam dibawa menuju masjid Al-Falah untuk melakukan Sholat Jum;at dan kami para kaum hawa berkeliling disekitar lokasi Masjid Al-Falah yang kebetulan disitu banyak sekali Mall besar dengan barang-barang yang sangat Branded, kami pun hanya masuk dan melihat lihat saja, itung-itung cuci mata. Setelah selesai jum’atan kami menuju MERLION PARK yaitu Icon terkenal Singapore. Sebuah patung Singa yang sangat besar dan keluar air mancur. Setelah puas berfoto kami menuju Garden bay the bay, sebuah taman yang sangat Indah terkenal di Singapore. Kami melanjutkan perjalanan ke tempat perbelanjaan Bugis Street, kami membeli cukup banyak oleh-oleh khas Singapore disana. Hari sudah semakin gelap kami pun makan malam dan menuju Hotel.
Memasuki hari Ke-empat, hari ini kami diajak ke NATIONAL SCOUT ORGANIZATION OF SINGAPORE, dan melihat-lihat cinderamata yang ada di Scout Shop Singapore. Dan setelah itu kami menuju tempat hiburan, show, dan atraksi yang cukup menarik dan terkenal di Singapore yaitu UNIVERSAL STUDIO SINGAPORE. Banyak sekali wahana yang ada disana dan itu semua sangat keren, saya menaiki rollercoaster. Sungguh permainan yang sangat menegangkan kereta lucur dengan kecepatan tinggi yang sangat menakjubkan, dan tidak kalah keren ada Transformers, disana kami dibawa menaiki sebuah mobil dengan memakai kacamata 4D dan kami serasa ikut berperang dengan para penjahat yang ada di Transformers, sangat keren. Ada banyak wahana bermain dan show-show menarik disana, saya melihat pertunjukkan elmo sangat lucu. Kami berada di Universal studio singapore dari pagi sampai jam 5 sore. Setelah puas bermain-main kami pun dibawa makan malam dan kami naik MRT SINGAPORE untuk menuju bus yang akan mengantarkan kami kembali ke hotel.
Hari terakhir, Kami bersiap untuk Check Out hotel dan menuju ke CHINATOWN untuk berbelanja terakhir kalinya. Brang-barang yang ada di Chinatown tergolong murah-murah dengan kualitas yang juga bagus. Kami melanjutkan perjalanan mnuju ORCHAD ROAD untuk membeli ice cream potong yang cukup terkenal di Singapore. Setelah itu kami kembali ke Bus dan melakukan Packing untuk mengecek ulang barang bawaan dan oleh-oleh. Waktu menunjukkan pukul 15.30 dan Kami berangkat menuju bandara CHANGI, bandara yang cukup terkenal di Asia karena kemegahan bandaranya yang didalamnya juga ada air terjun dan banyak sekali pepohonan didalam bandara. Sungguh bandara yang sangat keren. Setelah puas mengelilingi bandara changi dan berfoto-foto kami pun menuju wilayah imigrasi untuk melakukan serangkaian pemeriksaan Passpor dan siap terbang menuju Surabaya. Kami tiba disurabaya pukul 21.35 dan kami dibawa menginap dikwarda sebelum keesokan harinya pulang menuju rumah masing-masing.
Itulah sekilas cerita perjalanan saya melakukan Kunjungan ke Singapore dan Malaysia, semoga dari cerita yang saya tulis mampu menginspirasi kalian semua.